Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari 2015

Tanda

Sudah hampir dua bulan gak nulis di sini, padahal seenggaknya sebulan sekali nulis sesuatu. Hm, kira-kira ada kenapa ya? yg nulis sendiri aja bingung, gimana yg baca :p. Ada dua kemungkinan sih, bisa karena memang belum ada hal yang bisa dibagikan dalam bentuk tulisan, atau justru terlalu banyak hal berputar di kepala tapi gak tau gimana nulisnya. Well, intinya sih sama, lagi gak tau mau nulis apa..

Sejak terakhir nulis september kemarin, banyak hal yang terjadi dan membuat saya banyak merenung. Biasanya klo gitu at least ada suatu hikmah yg saya rasakan dan akhirnya dibikin tulisannya. Namun entah kenapa 'perenungan' kali ini rasanya tak berujung, belum bisa melihat gambaran utuh yang hikmahnya dapat dituliskan. Hanya berupa potongan-potongan yg tak tahu dimana hilirnya.

Beberapa waktu lalu saya naik KRL setelah isya. Alhamdulillah udah bagus sekarang, tiap mau masuk stasiun ada pengumumannya stasiun apa. Sangat membantu apalagi pas malem, gak bisa ngeliat ke luar buat tau udah…

Debu

Tahu gak, musim kemarau tahun ini diperkirakan bisa sampe akhir tahun? at least di jabodetabek, katanya lho. Kalo dulu kita pernah diajarin kan mestinya september ini udah masuk musim pancaroba alias peralihan, terus nanti paling telat oktober udah mulai sering ujan. Tapi sekarang, siangnya masih puanaas banget ga sih? ujan pun cuma sekali-kali, itu jg bentar. Ibarat abis keringetan n haus banget, dapet minum cuma seteguk dua teguk, padahal udah pengen banget mandi.
Di beberapa daerah, bahkan udah banyak yang gelar sholat istisqa, alias sholat sunah untuk mengharap diturunkan hujan. Akibat musim kemarau yg lama di daerah banyak yg ngalamin kekurangan air bersih, dan juga memperparah bencana asap di daerah riau dan sekitarnya. Tapi kalau di jakarta sendiri, selain panas terik ada lagi gak dampak musim kemarau panjang ini?
Kalau buat saya ada. Kecil sih, tapi rame-rame: debu.

Pintu

"When one door closes, another opens; but we often look so long and so regretfully upon the closed door that we do not see the one which has opened for us." - Alexander Graham BellTadinya saya pikir kutipan di atas itu yang bikin om Einstein, eh ternyata menurut BrainyQuote itu yg ngomong om Bell. Ngerti kan ya artinya? coba cek di gugel translate deh kalo bingung, hehe. Maknanya sih kira2 gini: ketika sebuah kesempatan atau peluang tertutup, ada peluang lain yg tersedia. Tapi seringkali kita terlalu lama menyesali hilangnya peluang pertama tersebut sampe-sampe gak ngeliat peluang-peluang lain yang terbuka. Kira-kira bener gak ya pendapat om Bell ini? 

Kalau kata saya sih, ada benernya.


Persimpangan

Pernahkah kamu harus pergi ke suatu tempat yg belum pernah diketahui sama sekali, dan hanya bermodal alamat (yg kadang kurang jelas)? sekali dua kali pasti kita akan kebingungan ketika ada di sebuah persimpangan, apalagi pas jaman belum ada gps di hape. Belok kemana ya? kelewatan gak ya? Nanya orang pun kadang orang gak tau persis di mana alamat tujuannya, tapi tau ancer2annya. Ternyata, dalam kehidupan pun tak jarang kita lewati 'persimpangan' tersebut.

Purpose of life, alias tujuan hidup, adalah 'alamat' yang kita cari dalam perjalanan kehidupan. Dan persimpangan adalah titik dimana kita harus memilih dan memutuskan jalan yg kita percaya akan mendekatkan kita dengan tujuan tersebut. Misalnya memilih kuliah dimana, mendalami ilmu apa, kerja dimana, travelling kemana, dst. Pilihan jalan dan persimpangan itu begitu banyak, mungkin tak ada satupun rute kehidupan yg sama dilewati oleh lebih dari satu orang. Makanya kalopun kita bertanya pada orang bijak yg menurut kita sud…

Imajinasi

It's been a while since my last post. Tadinya mau nyeritain tentang proses wawancara LPDP dua minggu lalu, tapi yaah kayaknya bukan sesuatu yg bisa dibanggakan xD. Kalau mau realistis sih, peluang lolosnya bisa dibilang kurang dari 30% kali ya. Biasa, kurang latihan english-nya, jadi ya gitu deh kayak lagi ujian praktek bahasa inggris pas sekolah, yg penting bunyi :p. Pengumumannya menurut jadwal sih 10 juni besok. Ya walau masih ada harapan sedikit, tapi gak usah ekspektasi apa2 dah. Toh kalo gak dapet juga udah ada agenda besar lain yg menunggu, hehe.

Hari minggu kemarin, saya menghadiri acara pre-departure briefing dari University of Leeds. Di jadwal sih harusnya mulai jam setengah dua, eh udah buru2 takut telat ternyata belum dimulai sampe jam 2. Btw, sabtu minggu kemarin itu ternyata ada acara semacam education expo gitu dr beberapa universitas UK. Gak terlalu banyak sih, dan rata2 juga bukan top university-nya. Nah di sini sekalian ada acara pengarahan dari universitas untuk…

Kesiapan & Kesempatan

Minggu lalu, akhirnya saya mendapatkan Sim C baru setelah sim pertama (yg datanya bodong :p) habis tahun 2012 lalu. Yup, selama sekitar 3 tahun terakhir ini berlalu-lalang naik motor di jalanan ibukota gak pernah bawa sim. Untungnya cuma sekali doang kena tilang waktu masih kuliah dulu dan gak 'nitip' jd gak mahal2 amat kena dendanya, cuma ya emang jauh aja sih di grand city depok sono. Bikin SIM C niat awalnya pengen ngikutin semua prosedur yg standar, pengen tau gampang gak, dan ternyata emang relatif gampang dan murah kok cuma 155 ribu totalnya (100rb formulir+ 30rb asuransi+ 25rb kesehatan). Ngikutin prosedurnya cukup mudah sih emang, tapi pas ujiannya yg emang agak sulit. Percobaan pertama saya lulus ujian teori, pas banget bener 21 dari 30, batas minimalnya. Ujian praktek? gagal total.

Terpaksa harus dateng 2 minggu lagi buat ngulang ujian praktek. Gagalnya tuh kemungkinan gara2 demam panggung sih :p, banyak banget yg nontonin soalnya jadi yg pertama pas batch itu. Awal2 …

Ujian Hasil

Seminggu terakhir ini saya bernostalgia dengan salah satu game klasik windows, minesweeper. Di windows 8 grafiknya udah modern dan ada versi petualangan sama daily challenge gitu. Dengan pede-nya saya jelas langsung mencoba level expert. Klik pertama berhasil (emang pasti bukan bom kalo klik pertama :p), klik2 selanjutnya masih oke. Udah banyak kebuka dan banyak pilihan mulai ragu. Ilmu nebak sekali2 dipake kalo reasoning buat nyari bom-nya udah mentok. Ya, maen ginian emang ada caranya, gak asal tebak aja lho.

Akhirnya beberapa kali gagal dan nyoba level yang lebih rendah. Yg easy sesuai namanya emang gampang. Level medium okelah, kadang suka lupa atau salah nandain bom jadinya gagal juga tapi udah berhasil menang. Yang expert masih belum bisa nih, sering gagal karena mentok gak bisa mastiin bomnya dimana dan akhirnya salah tebak. Satu, eh dua deng, percobaan yang super duper ngeselin tuh saat salah tebak untuk bom terakhir. Ugh rasanya pengen banting laptop..

Kesempatannya fifty-fifty…

Entah

Minggu lalu saya sempat hadir di sebuah acara semacam seminar di daerah kalibata. Saat itu temanya tentang urgensi untuk menyebar kebaikan sebanyak2nya melalui sarana mentoring. Saat kuliah dulu sebenernya pernah juga dapet materi yg sama dan alhamdulillah sempat menjadi mentor di lembaga dakwah fakultas. Namun sekarang setelah lulus, belum pernah lagi menjadi mentor. Pengen sih, tapi memang situasinya kini tak semudah dulu. Tapi rasanya memang sudah saatnya untuk megang kelompok mentoring lagi. Entah gimana caranya..

Sekarang sudah masuk bulan keempat tahun ini. Salah satu deadline penting ada di bulan ini, yaitu pendaftaran beasiswa LPDP. Ada waktu sekitar tiga minggu lagi sebelum aplikasinya ditutup. Sejak tahun lalu saya memang ingin sekali untuk mendaftar ini karena memang salah satu target saya untuk tahun ini adalah melanjutkan studi S2 di luar negeri. Alhamdulillah LoA nya sudah ada jadi tinggal nyari beasiswanya. Tapi, sampai sekarang masih belum nulis apapun untuk essay yg …

Terlalu Singkat

Akhir-akhir ini saya sering nonton serial tv dari Amrik tentang investigasi kejahatan, yakni CSI sama Law and Order. Walaupun ngikutin dari tengah2 dan episode nya pun beberapa kali dapet yg season dulu2, tapi alur ceritanya selalu menarik. Mungkin karena emang belom pernah nonton serial yg 'bikin mikir', seringnya nonton sinetron2 yg begitu2 aja kali ya xD. Walau serupa, tapi kedua serial yg tadi disebutkan berbeda dari segi perspektif yg diambil. CSI tentang investigasi TKP, barang bukti, jejak, dll, kalo Law&Order lebih mengisahkan perjuangan jaksa penuntut umum di pengadilan. Namun setidaknya ada satu kesamaan, yaitu kasus pembunuhan.

Kalo ngomong pembunuhan, pasti ada orang yg mati (you don't say :p). Walaupun kisah2nya dibilang fiktif, tapi itu semua riil banget sih, bisa aja terjadi di dunia nyata. Bahkan ada yg bilang, "truth is stranger than fiction". Satu hal yg saya mulai pelajari dari banyak kisah pembunuhan itu ialah betapa 'murah'nya ny…

Monolog #4

Hai kamu, apa kabar? sudah lama kita tak berbincang
Ada perlu apa?

Hey jangan jutek gitu dong, aku kan cuma ingin tahu kabarmu. katanya tahun ini mau S2 ke luar negeri?
Insya Allah

Terus mau 'itu' juga?
..itu apa?

Ah pura2 gak tahu, 'itu' yg sebenernya aku gak suka kalau kamu ngejalaninnya, yg dianjurkan sama Nabimu buat para pemuda.
Oh itu, pengennya sih gitu.

Pengennya? berarti belum mulai nyari? yes! iyalah itu mah nanti2 aja, nikmati dulu aja sekarang mumpung masih single..
Siapa bilang belum mulai?

Oh berarti lagi proses?
Kepo banget sih

Yaa aku kan cuma nanya, gak harus dijawab kok
Sebenernya kamu sendiri udah tahu kan

Yah ketauan deh. iya sih aku emang tau kalau kamu lagi fokus untuk yg lain dulu kan? kabar gembira begini sih aku pasti tau lah
Kok kabar gembira?

Iyalah kabar gembira, kamu belum akan melaksanakan 'itu', dan artinya aku masih leluasa untuk 'menemanimu'! haha!
Cih, iya jg sih. Tapi jangan harap kau akan seleluasa sebelumnya.

Hehe, walau kau …

Dosa 'Kecil' (?)

Mungkin kita semua pernah mendengar peribahasa 'sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit'. Kalo menurut wikiquote sih artinya usaha kecil yang terus-terusan akhirnya bakal memberikan hasil. Keliatannya emang bener sih, tapi hasilnya apakah sesuai dengan yg diharapkan atau gak itu beda urusan, haha. Kalau kita ambil artinya secara langsung, emang sih kalau kita ngumpulin sedikit2 lama2 jadi banyak. Termasuk dosa 'kecil'.

Minggu lalu, laptop ane harus mengalami instal ulang setelah berjalan lancar selama 7 bulan. Penyebabnya sih karena entah gimana ceritanya setiap baru nyala, disk usage selalu 100%, mengakibatkan respon windows melambat, normal beberapa saat, lalu terbitlah bluescreen. Repeat. Sebelumnya pernah juga sih kayak gitu, tapi bisa diatasi dengan referensi dari internet. Nah yang kemaren ini udah beyond proper repair, jadilah instal ulang. Penyebabnya gak ketauan, tapi kemungkinan ada file windows nya yg corrupt, dan bisa jadi ada beberapa third-party app…

It's Time

Minggu lalu, alhamdulillah saya dan keluarga (bapak ibu adik) berkesempatan untuk pergi ke arab saudi dalam rangka jalan2 umroh. Sebagaimana org yg akan pergi umroh, saya kabarkan ke kawan dan kolega via pesbuk agar didoakan selamat selama di sana, dan tak lupa menampung titipan doa. Awalnya dikira cuma beberapa aja yg beneran nitip doa, taunya banyak bener. Jadilan dibikin notes di hape.

Sesampainya di sana, setelah mengerjakan rangkaian umroh, saya coba atur strategi untuk kapan dan dimana bakal saya bacain tuh notes daftar doa. Singkat cerita, setelah tawaf sunnah saya coba masuk area Hijir Ismail. Padahal jam 3 pagi, tapi padetnya gak kalah kayak di kereta commuter pas jam berangkat kerja. Finally, saya tunaikan tugas saya dengan ngebacain apa yg ada di notes itu. Alhamdulillah, pas di Madinah pun sempet berdoa di Raudhoh, walaupun gak sambil baca notes lagi, karena tinggal doa "Ya Allah, perkenankanlah doa hamba dan teman2 seperti yg apa hamba minta saat di Hijir Ismail"…