Langsung ke konten utama

Persiapan IELTS mandiri

sumber
First week this month I had retrieved my IELTS result, Alhamdulillah, I got my target score! overall score 7! :D

Wew, gak nyangka banget bisa dapet hasil yg cukup untuk daftar2 S2 di UK atau eropa. Gimana enggak, pas tes-nya aja terasa fail banget, seperti yg diceritain di pos sebelumnya. Mungkin examiner-nya lagi baek kali ya, haha. Walaupun cukup baik overall score-nya, tapi skor untuk writing n speakingnya pas banget 6. Untungnya nilai reading sangat mengatrol nilai..huehue

Nah oleh karena itu, sekarang saya mau berbagi sedikit tentang persiapan mandiri yang saya lakukan, terutama sumber2 materi yang jadi rujukan. Mudah-mudahan bisa jadi tambahan referensi, gak mesti ngikutin yg saya lakukan, atau cuma dari sumber yg disebut. Masing2 orang punya style sendiri buat belajar. :D

Listening

  • Banyak2 dengerin rekaman latihan
  • Coba-coba nonton film holiwud/english gak pake sub
  • Nontonin video2 di yutub

Reading

  • Sering-sering latihan tes (simulasi)
  • Baca artikel/berita in english min 500 kata tiap hari
  • Belajar tips/trik jawab tipe2 soal yg tricky di ielts

Writing

  • Belajar n latihan dari buku persiapan
  • Baca2 contoh jawaban

Speaking

  • Pelajarin teknik2 ngomong english yg lancar dari video2 yutub
  • Nonton contoh tes speaking
  • Latihan dengan merekam suara sendiri
  • Sekali2 latihan sama temen

Nah itu dia kira2 yg saya lakukan kurang lebih selama dua bulan sebelum tes. Gak rutin sih, tapi tiap minggu minimal latihan sekali untuk listening dan rading. Kalau untuk writing n speaking sih ya..dua minggu menjelang tes baru mulai intens xD. Jelas aja skornya paling kecil ye. Untuk sumber2 yang digunakan untuk persiapan, silakan cek di bawah ini:

Websites/link

  • www.engvid.com : kumpulan video untuk belajar bahasa inggris secara umum, ada yg bahas khusus ielts jg.
  • http://www.ieltssoup.com/ : tips trik praktis untuk tes ielts, dari orang yg 'ngaku' dapet nilai tinggi di ielts :D
  • http://sampleieltswriting.blogspot.com/ : isinya contoh2 tulisan untuk writing test
  • Cek di sini

Android apps

Youtube channel

Buku/ebook

  • Barrons IELTS Practice Exam & Preparation (2 buku): beli di tokopedia (kw super sih kayaknya :p)
  • Prepare for IELTS (2 jilid, Insearch English) : asli, beli di gramed
  • Beberapa ebook dapet dari idws dan gugel, lupa apa aja (ntar diupdate)

Yak kira2 segitu dulu yg baru bisa dibagi. Rasanya ada banyak sih, tapi ya menyebar gitu deh di history browser/harddisk. Mudah2an bisa diupdate lagi nanti. Semoga manfaat, sukses!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Knowing

Hari rabu minggu lalu, entah setelah berapa lama akhirnya penulis berkesempatan untuk menonton bioskop lagi. Mungkin sudah lebih dari setengah tahun kali ya, selama itu nonton film ‘bioskop’nya di kelas atau gak laptop sendiri, hehe. Lumayan menghemat loh, misalkan paling murah tiket bioskop 10.000, sebulan paling gak ada satu film baru yang wajib tonton, 6x10000= 60.000! belum lagi ongkos, snack atau makannya, minum juga pastinya, benar2 menghemat kan. haha, perhitungan banget ye. Apapun itu, film yang berhasil ditonton minggu lalu adalah Knowing. Ada yang unik saat memutuskan untuk menonton film ini. Begini ceritanya, penulis memilih bioskop yang paling dekat rumah untuk menonton (hidup cijantung!), dan kebetulan film yang diputar salah satunya adalah Knowing. Ternyata Knowing itu satu-satunya film produksi luar negeri yang ada di daftar main bioskop itu, lainnya film dalam negeri. Sekedar informasi, di daerah sini memang yang lebih laku itu film lokal, film hollywood gitu cuma sedi

Daftar Pranala Blog-nya anak Jagung

Yak berikut daftar pranala blog anak fasilkom ui 2009 alias Jagung. Dicari dan diambil dari berbagai sumber secara brute force. Yang diambil adalah blog dengan domain sendiri atau yang ada di blogspot, wordpress, blogsome, deviantart, tumblr, .co.cc, dan livejournal. Selain itu seperti formspring dan twitter tidak dimasukkan karena kayaknya bukan termasuk kategori 'blog'. Kalau ada yang ingin menambahkan atau justru tidak ingin dimasukkan, feel free to contact me :)

Resensi: La Tahzan for Love

  Identitas buku Judul : La Tahzan for Love Judul Asli : Khaifatun Min al-Hubb Penulis : Najla Mahfudz Penerbit : Akar Media Sebuah buku yang berisi tentang berbagai macam cerita mengenai lika-liku kehidupan remaja. Salah satu seri dari buku berjudul ‘La Tahzan..’ ini mengkhususkan pembahasan tentang sebuah perasaan yang dialami semua orang, cinta. (liat dari judulnya juga bisa kan? hehe) Sejak Adam dan Hawa diciptakan, persoalan mengenai cinta selalu mewarnai kehidupan umat manusia. Cinta dapat memberikan perdamaian di muka bumi ini, namun cinta pula dapat menjadi penyebab hancur leburnya dunia di tangan manusia. Cinta atau kasih sayang bagai mawar merah yang indah, dia dapat memberikan kenyamanan untuk siapa saja yang melihatnya tetapi dia juga dapat melukai kulit bila kita tidak hati-hati dengannya. Terlebih lagi di jaman sekarang, para remaja yang sedang mencari jati diri sering merasa tersiksa akibat pengertian cinta yang salah. Mereka yang belum mengenal dan mencoba untuk