Langsung ke konten utama

Sepeda

Awal November tahun lalu, iye 2013 maksudnya, saya alhamdulillah resmi menjadi seorang biker. Biker disini maksudnya pesepeda roda dua, dan gak pake mesin! :p Mungkin lebih tepat disebut bicyclist kali ye, yah pokoknya gitu deh.

Mengapa tiba-tiba saya jadi biker? Karena saya beli sepeda baru. Ciee sepeda baru..hehe, itu yg paling sering saya denger sekitar 3 hari ba'da beli. Fyi, saya udah lama banget pengen beli sepeda baru, dengan uang sendiri tentunya, sejak masih kuliah. Mungkin sekitar akhir 2011 udah mulai nyari2 atau ngeliat2 web sepeda macem Polygon, Wim Cycle. Entah kenapa setelah ngeliat ada temen yg baru beli sepeda waktu itu, dan ada juga yg kadang naek sepeda ke kampus depok dari rumahnya di pondok kopi, saya jadi pengen juga naek sepeda lagi. Ya, dulu waktu SMP saya pernah punya sepeda, mostly waktu itu dipake buat nganter adek ke TK sekitar setahun. Sekarang sepedanya udah disumbangin ke kampung kalo gak salah, karena udah gak ada yang make lagi.

Nah balik ke topik, sudah sekitar 2 bulan terakhir ini saya mulai sering bersepeda ke kantor di depok. Istilah kerennya Bike to Work (B2W). Kalau pas lagi ngantor di depok, gak puasa, gak sakit, n gak kesiangan bangun, saya biasanya akan naik sepeda, hehe. Jaraknya kurang lebih 10 km, ditempuh sekitar 40 menit biasanya. Kalau berangkat lewat jalur 'dalem': komplek kopassus, jalan pemukiman, cukup naik turun. Pas pulang baru lewat jalan raya Bogor, lurus dan cenderung turun. Alhamdulillah sampai saat ini belum pernah bermasalah selama perjalanan :D

sepeda wisata di tajur, bogor
Dari sekitar dua bulan pengalaman baru ini, saya sedikit banyak mendapat berbagai macam pelajaran. Yang paling saya rasain sih, ternyata memang jalanan di jakarta-depok masih belum ramah pesepeda. Makanya, saya pikir yang konsisten bersepeda itu hanyalah orang-orang dengan kesabaran luar biasa. Sabar disalip angkot terus berhenti di depan, kadang tiba2, sabar diklaksonin motor kalo lagi padet atau nyebrang, sabar ngayuh pelan-pelan pas tanjakan, dll. Wew, bener-bener perjuangan deh. Pas awal2 sih rasanya capek banget ngadepin gituan n pengen banget mengumpat sana sini, hehe. Tapi lama-lama mulai terbiasa sih, udah bisa nebak kondisi jalan n bisa ngerespon lebih cepat n tepat.

Terus, hal lain yang saya dapatkan yaitu tentang fokus. Pas lagi bersepeda di jalan, apalagi jalan raya, kita harus senantiasa fokus tentang kondisi sepeda dan jalan di depan. Meleng dikit bisa nyerempet orang atau kendaraan lain. Kalau gak fokus sama kondisi medan juga bisa salah masuk gigi. Misal di depan bakal ada tanjakan agak panjang, telat nurunin gigi berakibat harus pake tenaga dorong, hehe. Seperti yang dibilang sebelumnya, ada aja rintangan di jalan, dan mesti fokus untuk ngadepinnya. Misal angkot, harus antisipasi dia tiba2 berenti. Saya pernah hampir aja nabrak lampu belakang mobil gara2 nengok ke kanan belakang n gak perkirain jarak ke depan. Whew, untung masih sempet sadar n bisa belok tajem.

Dan, yang saya baru mulai sadari dari bersepeda adalah, kita diajarkan bagaimana caranya dalam mencapai tujuan, reaching our goal or dream. Saat bersepeda, tentu kita punya tempat yang ingin dituju, terlepas alasan di baliknya. Misal bike to work, ya tujuannya kantor, atau pas pulang ya tujuannya rumah. Nah, dalam perjalanan mencapai tujuan itu kita harus sabar terhadap berbagai kondisi dan fokus agar selamat sampai tujuan. Ya, dua hal itu harus ada jika kita ingin mencapai tujuan kita, pun dalam konteks yang lebih luas.

Dalam perjalanan bersepeda, kita harus kayuh setiap saat sekuat tenaga, tak peduli tanjakan atau turunan. To reach our goal, we must struggle on every step. Gak ada jalan pintas atau jalan instan, untuk mencapai tujuan kita harus selalu melalui rute yang sudah ada. Ya, kunci sukses mencapai tujuan, yang saya anggap hukum alam, memang hanya satu: berjuang mendapatkannya. Memang berat saat di jalan, tapi saya yakin, semua perjuangan itu akan terbayar lunas saat sudah mencapai tujuan. Insya Allah. :)

Postingan populer dari blog ini

obat-obatan: menyehatkan atau menyakitkan?

Huff,,sudah hampir genap 5 hari ini salah satu jari kaki terbalut oleh perban atau apa lah itu namanya. Sampe diperban gitu sih karena kulit bagian bawah jari kakinya mengalami luka toni eh maksudnya luka robek yg cukup lebar dan dalam. Alhasil kata bu dokter musti dijait biar cepet sembuh. En ternyata oh ternyata dikasih obat juga, kirain cukup dijait trus sembuh. Akhirnya mau gak mau rela gak rela rekor ‘anti obat’ ane berhenti deh. Sekilas mengenai rekor ini, sudah hampir 5 tahun lebih lah ane tuh gak pernah minum obat dari dokter ataupun obat yg ky suplemen buat tubuh gitu. Jadi alhamdulillah selama itu ane gak pernah mengalami sakit yg cukup parah sehingga membutuhkan obat khusus ataupun minum obat buat sekedar nenangin diri or nambah stamina. Tapi karena skrang obatnya udah dibeli, mau tak mau diabisin deh.. Sebenernya ane sangat anti-obat loh, obat yg bentuknya konkret tentunya. Obat yg mempunyai berbagai bentuk mulai dari puyer, sirup, tablet, kapsul, kaplet, und so weiter se…

Satu Tahun Kemudian

Ibarat film, blog ini mengalami percepatan lini masa ke satu tahun mendatang, sejak entri pos terakhir ada. Tidak sama persis sih, karena memang secara harfiah setahun (lebih) kemudian baru nulis lagi, bukan percepatan. Hahaha, cuma bisa ketawa miris xD

Banyak banget yang sudah terjadi selama setahun terakhir ini. Buat teman-teman saya yang terhubung di media sosial, khususnya facebook, tentunya tahu peristiwa bersejarah untuk saya tahun lalu: menikah. Sejak saat itu, dunia yang tadinya seakan diputar dalam pola warna grayscale dari kacamata seorang jomlo, berubah menjadi full color. :D

Apa Mimpimu?

Salah satu waktu yang paling menyenangkan untuk saya adalah saat berbicara tentang mimpi. Entah dengan sahabat atau beberapa kawan, selalu ada nuansa positif saat kami saling bercerita tentang rencana masa depan (yang galau juga ada sih :p). Walau masa depan adalah suatu yang gak pasti, tapi sikap optimis selalu mendapat tempat dalam diri. Seakan, kami sudah berada di sana, di tempat yang kami inginkan. Telah menggapai kesuksesan, dengan definisinya masing-masing. Walaupun kita juga gak tau gimana caranya buat nyampe sono, hehe. Yah namanya juga anak muda, masa yang berapi-api kalau kata bang Haji :D.

Saya pun tak lepas menjadi Sang Pemimpi juga, yaitu orang yang memiliki impian untuk masa depan. Sebenernya sih udah dari dulu mikirin masa depan, pengen ini itu, tapi rasanya baru kali ini bener-bener serius untuk nyoba menggapainya. Saat pra-kuliah diberi materi life mapping, pikiran saya jadi lebih terbuka, dan mungkin bergairah juga, hehe. Saya coba mendaftar apa yang ingin saya capai…