Langsung ke konten utama

Ramadhan Produktif!

Marhaban ya Ramadhan! Selamat datang!

Telat? biarin. Yang penting saya bersyukur dapat bertemu lagi dengan bulan istimewa ini. Terlebih lagi, kali ini saya sudah mendapat predikat baru (walau belum resmi) sebagai sarjana ilmu komputer. Wew. Sebuah titel kebanggaan, namun juga sebuah tanggung jawab baru untuk berkontribusi di masyarakat. Tiba-tiba jadi mikir, apa ya makna sarjana? Hm, mudah-mudahan jadi satu tulisan sendiri nanti. Kali ini, mari fokus pada bulan Ramadhan! yeay!

sumber: http://ramadan2013blog.blogspot.com/
Berhubung Ramadhan kali ini pas liburan dan juga udah gak banyak kegiatan kampus lagi, jadilah rasanya bakal banyak waktu luang sebulan ke depan. Nah, kesempatan emas banget nih buat maksimalin ramadhan. Pas malem pertama kemaren, selasa malam rabu (9/7), saya sudah nge-tweet untuk menggunakan sistem 6-6 di bulan ramadhan edisi 1434 H ini. Apaan tuh?

sumber: http://www.kevinmuldoon.com/
Gampangnya, sistem ini adalah pembagian waktu sehari di bulan ramadhan. Pertama, jam 6 sore, atau maghrib, sampai jam 6 pagi. Nah selama waktu ini, kita harus completely offline dari segala bentuk online. *ya iyalah*. Jadi segala bentuk komunikasi via internet kayak whatsapp, line, YM, dll harus off. Kalo hapenya smartphone android, dinonaktifin aja paket data atau wifi nya. Kalau mau lebih pasti, hapenya jadiin "Airplane Mode" aja. Nanti jam 6 pagi baru boleh dinyalain lagi. Terus ngapain jam segitu? ya ibadah. Kan Allah lagi 'obral' pahala nih, ya kita maksimalin supaya jadi produktif. Selain tarawih-witir, bisa nambah tilawah alias baca Al-Qur'an, nambah hafalan, sholat tahajud sebelum sahur, baca al ma'tsurat, atau baca2 buku juga bisa. Intinya, jauh-jauh deh dari hape! dari teve dan komputer/laptop juga sih. Kenapa? menurut saya sih, supaya fokus. Kalau gak gitu, yaah biasanya gampang banget ke-distract. Cobain aja..

Nah, baru jam 6 pagi sampe maghrib, baru deh bebas. Kayak hari biasa aja, boleh online sepuas2nya. Tapi bagusnya tetep ada kegiatan ibadah produktifnya. Misal sholat dhuha, sholat rawatib, tilawah Qur'an dikit2 tapi sering, sedekah, dll. Yg simpel2 aja, di sela-sela aktivitas rutin. Insya Allah, dengan begini kita bakal bisa maksimalin Ramadhan kali ini. Jangan gitu-gitu aja dong ramadhan nya..

Terakhir, yang cukup penting juga, pasang target ibadahmu! kalau bisa, ajak temen deket supaya ada saingan! Supaya nambah semangat ibadahnya. Yang paling minimal nih ya menurut saya, khatam Al-Qur'an sekali, nambah hafalan seperempat juz, sholat tarawih-witir-tahajud full tiap hari, dan sedekah tiap hari. Keren kalau bisa lebih dari itu! hehe. Saya gak omdo lho, saya juga punya target ibadah. Mau tahu mau tahu? kasih tau gak yaaa... :p

Nah itu sekilas saran saya untuk menjalani Ramadhan kali ini. Semoga bermanfaat dan bisa menginspirasi para pembaca. Semoga kita semua diberi kekuatan oleh Allah agar istiqamah berada di jalan-Nya dan dapat memaksimalkan ramadhan tahun ini. Aamiin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi: La Tahzan for Love

Identitas buku Judul : La Tahzan for Love
Judul Asli : Khaifatun Min al-Hubb
Penulis : Najla Mahfudz
Penerbit : Akar Media

Sebuah buku yang berisi tentang berbagai macam cerita mengenai lika-liku kehidupan remaja. Salah satu seri dari buku berjudul ‘La Tahzan..’ ini mengkhususkan pembahasan tentang sebuah perasaan yang dialami semua orang, cinta. (liat dari judulnya juga bisa kan? hehe)

Sejak Adam dan Hawa diciptakan, persoalan mengenai cinta selalu mewarnai kehidupan umat manusia. Cinta dapat memberikan perdamaian di muka bumi ini, namun cinta pula dapat menjadi penyebab hancur leburnya dunia di tangan manusia. Cinta atau kasih sayang bagai mawar merah yang indah, dia dapat memberikan kenyamanan untuk siapa saja yang melihatnya tetapi dia juga dapat melukai kulit bila kita tidak hati-hati dengannya. Terlebih lagi di jaman sekarang, para remaja yang sedang mencari jati diri sering merasa tersiksa akibat pengertian cinta yang salah. Mereka yang belum mengenal dan mencoba untuk mengeta…

Knowing

Hari rabu minggu lalu, entah setelah berapa lama akhirnya penulis berkesempatan untuk menonton bioskop lagi. Mungkin sudah lebih dari setengah tahun kali ya, selama itu nonton film ‘bioskop’nya di kelas atau gak laptop sendiri, hehe. Lumayan menghemat loh, misalkan paling murah tiket bioskop 10.000, sebulan paling gak ada satu film baru yang wajib tonton, 6x10000= 60.000! belum lagi ongkos, snack atau makannya, minum juga pastinya, benar2 menghemat kan. haha, perhitungan banget ye. Apapun itu, film yang berhasil ditonton minggu lalu adalah Knowing. Ada yang unik saat memutuskan untuk menonton film ini. Begini ceritanya, penulis memilih bioskop yang paling dekat rumah untuk menonton (hidup cijantung!), dan kebetulan film yang diputar salah satunya adalah Knowing. Ternyata Knowing itu satu-satunya film produksi luar negeri yang ada di daftar main bioskop itu, lainnya film dalam negeri. Sekedar informasi, di daerah sini memang yang lebih laku itu film lokal, film hollywood gitu cuma sed…

Daftar Pranala Blog-nya anak Jagung

Yak berikut daftar pranala blog anak fasilkom ui 2009 alias Jagung. Dicari dan diambil dari berbagai sumber secara brute force. Yang diambil adalah blog dengan domain sendiri atau yang ada di blogspot, wordpress, blogsome, deviantart, tumblr, .co.cc, dan livejournal. Selain itu seperti formspring dan twitter tidak dimasukkan karena kayaknya bukan termasuk kategori 'blog'. Kalau ada yang ingin menambahkan atau justru tidak ingin dimasukkan, feel free to contact me :)