Langsung ke konten utama

Apakah Cinta itu? (part 2 of 5)

Oke, ini bagian ke-2 dari 5 yang direncanakan. Gak asyik kan kalo kita ngebahas tentang cinta tapi gak ngerti apa artinya (kita? penulis aja kalee..zzz) Cinta, sebuah kata sederhana namun dalam maknanya. Jika ingin mengetahui artinya, mungkin kau tak akan puas dengan pemaparan para ahli. Namun saat kau sudah merasakannya, mungkin sepatah kata pun kau tak kan bisa terucap untuk menggambarkannya. Cinta memang misteri, namun banyak orang yang ingin menikmati. Cinta itu aneh, dan bisa membuat orang bertingkah aneh. Mungkin, pada dasarnya cinta itu relatif, tergantung pada siapa dia melekat. Ada sebuah puisi indah mengenai arti cinta di folder penulis..didapat dari seorang senior di sekolah, namun tak diketahui siapa pengarang puisi tersebut. Sebenernya udah pernah penulis posting di blog juga sih, tapi udah lamaa..jadi silakan dibaca aja:
Apakah Cinta itu? Oleh: Tidak Diketahui Mereka yang tidak menyukainya menyebutnya tanggung jawab, Mereka yang bermain dengannya, menyebutnya sebuah permainan, Mereka yang tidak memilikinya, menyebutnya sebuah impian, Mereka yang mencintai, menyebutnya takdir. Kadang Tuhan yang mengetahui yang terbaik, akan memberi kesusahan untuk menguji kita. Kadang Ia pun melukai hati, supaya hikmat-Nya bisa tertanam dalam. Jika kita kehilangan cinta, maka pasti ada alasan di baliknya. Alasan yang kadang sulit untuk dimengerti, namun kita tetap harus percaya bahwa ketika Ia mengambil sesuatu, Ia telah siap memberi yang lebih baik. Mengapa menunggu? Karena walaupun kita ingin mengambil keputusan, kita tidak ingin tergesa-gesa. Karena walaupun kita ingin cepat-cepat, kita tidak ingin sembrono. Karena walaupun kita ingin segera menemukan orang yang kita cintai, kita tidak ingin kehilangan jati diri kita dalam proses pencarian itu.
Jika ingin berlari, belajarlah berjalan duhulu, Jika ingin berenang, belajarlah mengapung dahulu, Jika ingin dicintai, belajarlah mencintai dahulu. Pada akhirnya, lebih baik menunggu orang yang kita inginkan, ketimbang memilih apa yang ada. Tetap lebih baik menunggu orang yang kita cintai, ketimbang memuaskan diri dengan apa yang ada. Tetap lebih baik menunggu orang yang tepat, Karena hidup ini terlampau singkat untuk dilewatkan bersama pilihan yang salah, karena menunggu mempunyai tujuan yang mulia dan misterius. Perlu kau ketahui bahwa Bunga tidak mekar dalam waktu semalam, Kota Roma tidak dibangun dalam sehari, Kehidupan dirajut dalam rahim selama sembilan bulan, Cinta yang agung terus bertumbuh selama kehidupan. Kebanyakan hal yang indah dalam hidup memerlukan waktu yang lama, dan penantian kita tidaklah sia-sia. Walaupun menunggu membutuhkan banyak hal—iman, keberanian, dan pengharapan –penantian menjanjikan satu hal yang tidak dapat seorangpun bayangkan. Pada akhirnya. Tuhan dalam segala hikmat-Nya, meminta kita menunggu, karena alasan yang penting.
Wuiii..so sweeet... hehehe. Terlepas dari pengertian cinta, yang pasti setiap orang pasti pernah mengenal dan merasakannya kan. Nah kalau jatuh cinta? Hm, ini baru menarik.. Ada lagu yang bilang..jatuh cinta, berjuta rasanya.. bener gak sih kayak gitu? Mungkin bener juga sih. Yah selama yang dialami penulis sih, kalau jatuh cinta itu emang campur aduk rasanya. Antara bergairah, seneng, semangat, sedih, khawatir, was-was, takut,dll semua jadi satu atau bergiliran datengnya. Pokoknya aneh deh, pasti ngerti lah yang udah pernah ngerasain juga. Penulis jadi berpikir-pikir, kenpa ya orang bisa jatuh cinta? Apa karena kesandung terus jadi jatuh ke cinta? (krik krik krik) kalau tentang ini kayaknya bakal dibahas di tulisan berikutnya aja deh, bakalan panjang urusannya.. Pertanyaan yang lain aja deh, sebenernya wajar gak sih kalau kita jatuh cinta? (dalam konteks lawan jenis loh ya) Hehe, mungkin terdengar bodoh kali ye pertanyaannya. Ya pasti wajar lah. Yang gak wajar justru kalo gak pernah sekalipun merasa suka, minimal tertarik, dengan lawan jenis. Jangan-jangan...hii ogah deh. Yup, rasa cinta itu memang fitrah manusia, sifat dasar yang dimiliki manusia. Sehingga jatuh cinta pun sebenernya sah-sah saja, bisa terjadi pada siapa saja kapan saja dimana saja. Semua orang pasti bisa merasakan jatuh cinta, bahkan orang ter-alim sekalipun. Namun entah kenapa, untuk orang kalangan tertentu mereka dianggap gak pernah ngalamin kayak gitu2. Seperti cerita yang penulis baca di eramuslim, cuplikannya sebagai berikut:
(eramuslim lagi maen tenis..)
Tuh, kenapa orang-orang kebanyakan berpikir seperti itu ya? Padahal si tokoh itu juga kan manusia, tentunya bisa jatuh cinta. Namun apa yang membuat mereka (dianggap) berbeda? Yup tepat sekali! Cara mereka untuk mengatasi rasa itu lah yang membedakan mereka dari orang lain..dan sebenernya menurut penulis pun, sudah seharusnya setiap umat muslim memang berlaku seperti itu. tapi yah semua kembali lagi ke diri masing-masing. Sip deh, rasanya cukup sampai disini saja dulu. Selanjutnya akan membahas mengenai kenapa sih kita bisa jatuh cinta? Dan tentunya lanjutan dari yang terakhir, apa aja sih bentuk penyikapan dari rasa jatuh cinta? Kalo penulis sendiri gimana penyikapannya..to be continued!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Knowing

Hari rabu minggu lalu, entah setelah berapa lama akhirnya penulis berkesempatan untuk menonton bioskop lagi. Mungkin sudah lebih dari setengah tahun kali ya, selama itu nonton film ‘bioskop’nya di kelas atau gak laptop sendiri, hehe. Lumayan menghemat loh, misalkan paling murah tiket bioskop 10.000, sebulan paling gak ada satu film baru yang wajib tonton, 6x10000= 60.000! belum lagi ongkos, snack atau makannya, minum juga pastinya, benar2 menghemat kan. haha, perhitungan banget ye. Apapun itu, film yang berhasil ditonton minggu lalu adalah Knowing. Ada yang unik saat memutuskan untuk menonton film ini. Begini ceritanya, penulis memilih bioskop yang paling dekat rumah untuk menonton (hidup cijantung!), dan kebetulan film yang diputar salah satunya adalah Knowing. Ternyata Knowing itu satu-satunya film produksi luar negeri yang ada di daftar main bioskop itu, lainnya film dalam negeri. Sekedar informasi, di daerah sini memang yang lebih laku itu film lokal, film hollywood gitu cuma sedi

Daftar Pranala Blog-nya anak Jagung

Yak berikut daftar pranala blog anak fasilkom ui 2009 alias Jagung. Dicari dan diambil dari berbagai sumber secara brute force. Yang diambil adalah blog dengan domain sendiri atau yang ada di blogspot, wordpress, blogsome, deviantart, tumblr, .co.cc, dan livejournal. Selain itu seperti formspring dan twitter tidak dimasukkan karena kayaknya bukan termasuk kategori 'blog'. Kalau ada yang ingin menambahkan atau justru tidak ingin dimasukkan, feel free to contact me :)

Resensi: La Tahzan for Love

  Identitas buku Judul : La Tahzan for Love Judul Asli : Khaifatun Min al-Hubb Penulis : Najla Mahfudz Penerbit : Akar Media Sebuah buku yang berisi tentang berbagai macam cerita mengenai lika-liku kehidupan remaja. Salah satu seri dari buku berjudul ‘La Tahzan..’ ini mengkhususkan pembahasan tentang sebuah perasaan yang dialami semua orang, cinta. (liat dari judulnya juga bisa kan? hehe) Sejak Adam dan Hawa diciptakan, persoalan mengenai cinta selalu mewarnai kehidupan umat manusia. Cinta dapat memberikan perdamaian di muka bumi ini, namun cinta pula dapat menjadi penyebab hancur leburnya dunia di tangan manusia. Cinta atau kasih sayang bagai mawar merah yang indah, dia dapat memberikan kenyamanan untuk siapa saja yang melihatnya tetapi dia juga dapat melukai kulit bila kita tidak hati-hati dengannya. Terlebih lagi di jaman sekarang, para remaja yang sedang mencari jati diri sering merasa tersiksa akibat pengertian cinta yang salah. Mereka yang belum mengenal dan mencoba untuk