Langsung ke konten utama

Batas

Jum'at kemarin, di Jakarta, khususnya daerah monas menjadi lautan manusia dengan mayoritas beratribut putih-putih. Kabarnya jumlah massa mencapai satu juta lebih, berasal dari jabodetabek dan luar kota lainnya. Aksi yang bertajuk 'Aksi Bela Islam' pada 4 November 2016 kemarin, jadi salah satu aksi terbesar yang pernah terjadi sepanjang masa reformasi di negeri ini. Sudah cukup banyak yang membahasnya, baik sisi positif pun negatif, di sosial media juga di media massa.

Semua itu berawal dari sebuah video gubernur yg kini sedang nonaktif, Ahok, yang sedang berbicara dengan gayanya ceplas-ceplos dan agak kelewat batas hingga akhirnya melukai perasaan umat Islam. Batas yg dimaksud di sini adalah tuduhan kepada 'ulama yang dikatakan Ahok 'membohongi' orang dengan surat Al-Ma'idah ayat 51. Walau memang dikenal suka berkata kasar dan asal ngomong, tapi untuk yang satu ini rasanya beliau sudah terlalu jauh melewati batasnya. Tak heran jika sebagian umat Islam menjadi marah dan turun ke jalan.
Dalam bermasyarakat, hidup kita diatur oleh 'batas-batas' yang disepakati menjadi aturan bersama. Ada yang bentuknya formal seperti undang-undang, lebih banyak lagi yang berupa informal atau tak tertulis. Jika ada seseorang yang melewati batas tersebut, sangat mungkin akan ada yang merasa terusik. Apalagi jika 'batas' atau adab yang dilanggar tersebut adalah batas yang sangat dijaga betul dalam sebuah agama.

Terlepas dari kejadian di atas, sesungguhnya hidup sebagai seorang muslim pun ada banyak batas, adab, atau norma lain. Tak terbatas pada urusan ibadah ritual, tapi juga hubungan sosial dengan sesama. Akhlak kepada kerabat, tetangga, pemimpin, interaksi dgn lawan jenis non-mahrom, dan banyak lainnya pun banyak diajarkan oleh RasuluLlah SAW. Namun, kadang kala kita tak sadar telah melewatinya, walaupun mungkin cuma selangkah dua langkah.

Sebagai orang beriman, kita meyakini musuh nyata bersama, yaitu syaitan, akan berupaya sekuat tenaga untuk membuat kita melanggar batas-batas tersebut. Dari ajakan terang-terangan untuk berbuat dosa, sampai ajakan halus yang sekilas terlihat baik namun tetap melewati batas. Cara terakhir inilah yang mungkin paling sulit, setidaknya buat saya, disadari ketika kita akan melakukan sesuatu. Tak jarang kita mencari 'pembenaran', padahal nyatanya kita makin jauh dari 'kebenaran'. Astagfirullah..

Karena itulah kita butuh 'rem', atau pengingat saat kita mulai melewati batas. Bisa berupa intropeksi diri, seperti saran 'Umar r.a. untuk menghisab diri kita sebelum dihisab oleh Allah, bisa juga nasihat dari guru atau teman-teman kita yang lebih paham ilmu agama. Agar jangan sampai, kita tak sadar telah melewati batas, dan semakin jauh..hingga akhirnya terperosok ke dalam jurang. Na'udzubillah min dzalik.

Semoga Allah selalu menjaga dan meneguhkan hati kita dalam agama dan ketaatan yg diridhaiNya, serta dijauhkan menjadi bagian dari kelompok hambaNya yang melampaui batas. Aamiin..

"Berdoalah kepada Tuhanmu dengan berendah diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas."
(Q.S. Al-A'raf : 55)

Postingan populer dari blog ini

obat-obatan: menyehatkan atau menyakitkan?

Huff,,sudah hampir genap 5 hari ini salah satu jari kaki terbalut oleh perban atau apa lah itu namanya. Sampe diperban gitu sih karena kulit bagian bawah jari kakinya mengalami luka toni eh maksudnya luka robek yg cukup lebar dan dalam. Alhasil kata bu dokter musti dijait biar cepet sembuh. En ternyata oh ternyata dikasih obat juga, kirain cukup dijait trus sembuh. Akhirnya mau gak mau rela gak rela rekor ‘anti obat’ ane berhenti deh. Sekilas mengenai rekor ini, sudah hampir 5 tahun lebih lah ane tuh gak pernah minum obat dari dokter ataupun obat yg ky suplemen buat tubuh gitu. Jadi alhamdulillah selama itu ane gak pernah mengalami sakit yg cukup parah sehingga membutuhkan obat khusus ataupun minum obat buat sekedar nenangin diri or nambah stamina. Tapi karena skrang obatnya udah dibeli, mau tak mau diabisin deh.. Sebenernya ane sangat anti-obat loh, obat yg bentuknya konkret tentunya. Obat yg mempunyai berbagai bentuk mulai dari puyer, sirup, tablet, kapsul, kaplet, und so weiter se…

Hijrah

Selamat tahun baru 1438 Hijriah!

Gak penting sih selamat2 gitu, haha. Kalo kata Ustadz Farid Nu'man di channel telegram nya, beliau bilang seharusnya pergantian tahun hijriah itu menjadi momentum untuk kita umat muslim merefleksi kejadian hijrah yang dialami oleh Rasul dan para sahabatnya dahulu. Membaca, mempelajari, dan mengambil hikmah yang terkandung dalam kisahnya. Lebih bagus lagi jika kita bisa menerapkan pelajaran2 tersebut dalam konteks jaman sekarang. Karena salah satu makna hijrah yang dapat kita ambil, yaitu: berpindah (berubah) ke tempat (arah) yang lebih baik.

Klise sih, tapi ya entah kenapa tiap momen tahun baru selalu saja kita (at least gw sendiri sih xD) punya semacam 'resolusi' untuk menjadi lebih baik. Awalnya semangat 45, terus 2-3 bulan mulai males, tiba-tiba udah desember lagi. Repeat :p. Beda banget sama peristiwa hijrah Rasul dulu, yang benar-benar menandai awal kebangkitan Islam pada masanya. Terlepas dari suratan takdir yang memang Allah tetapkan, …

My IELTS Experience

At first I want to write this post in English, but ticket to UK is very expensive so I will just write this in Indonesia (krik...krik..krik..) xD

Yak sedikit jayusan mudah2an gak bikin ilfil ye, hehe. Alhamdulillah, siang tadi (sabtu 22/2), saya baru saja mengerjakan tes IELTS di Paramadina Graduate School, daerah SCBD. Nah aye mau sedikit cerita nih pengalaman ngambil tes IELTS, mulai dari persiapan, pendaftaran sampe penyesalan #eh. Semoga bisa bermanfaat.
Persiapan Hmm, nothing much to say xD
Karena saya orangnya sangat hemat (bisa jadi pelit), saya melakukan persiapan seadanya aja. Gak pake les persiapan, gak pake tes prediksi, gak pake jadwal tetap buat latihan. Kalo lagi mood, apalagi mendekati hari-H, barulah tergerak untuk belajar, hehe. Nah yang ini jangan ditiru ya. Emang bener dah (perfect) practice makes perfect.

Intinya sih saya siap2nya otodidak aja: baca beberapa buku tentang IELTS, nonton video pelajaran english di yutub, baca2 web tentang ielts atau english in genera…