Langsung ke konten utama

Evaluasi Mimpi

sumber
Sekitar setahun yang lalu, saya pernah membuat pos yang sedikit berbagi tentang mimpi saya untuk setahun ke depannya (sampe taun ini). Tulisannya sih buat tahun 2013-2014, jadi masa berlakunya belum abis harusnya, hehe. Well, kalo ngeliat lagi 7+1 poin yg pernah ditulis itu, jujur aja belom ada yg tercapai satupun xD. Coba ya kita liat per poin:

  1. S2 di Inggris 2014-2015
    Realita: udah tes IELTS sih, dan alhamdulillah cukup lah buat daftar2. Masalahnya, telat banget daftar buat tahun ajaran 2014-15, juga jadwal penerimaan beasiswa LPDP yg diincer pas banget lagi gak buka. Intinya mah telat, jiwa deadliner nya masih kuat --"
  2. Edoocatia
    Realita: aduh merasa bersalah banget buat yg ini, karena gak bantu2 lagi sama sekali >.<
  3. Naik Rinjani
    Realita: Udah sempet ada wacana, tapi akhirnya malah naik gunung Papandayan sama Ciremai. Jaraknya yg lumayan jauh emang mesti disiapin dari jauh hari.
  4. Makmurin masjid
    Realita: Hmm, bingung sih sbenernya, apa paramater 'ikut memakmurkan masjid', pas bikin cuma ngepas2in doang sih kata2nya :p. Mudah2an ikut jamaah di masjid setiap waktu sholat keitung memakurkan masjid deh ya.
  5. Nambah/ningkatin skill
    Realita: ini juga parameternya kurang jelas. Tapi at least udah coba usaha sih, kayak ikut kelas BISA (belajar bahasa arab) yg via whatsapp gitu, walaupun di-DO pas udah ujian akhir xD.
  6. Aktif di komunitas sosial
    Realita: waduh no comment deh, kayaknya masih nol besar buat yg ini :v
  7. Hafalan
    Realita: argh tidaaak..bukannya nambah, malah rasanya byk yg ilang karena kebanyakan dosa (T_T)
Yak kira2 gitu pencapaian mimpi yg pernah ditulis setaun lalu Ada satu poin lagi sih, tapi gak perlu ditulis karena rasanya belum akan terlaksana tahun ini juga. Awalnya sedih banget deh gak ada yg tercapai secara tepat semuanya. Dan beberapa waktu belakangan ini jadi merenung, coba bener2 introspeksi diri, ngeliat lagi usaha2 yg udah dilakuin, udah maksimal belom sih?

Jawabannya ternyata sangat jelas: ya belom lah!

Mau daftar S2, dientar2. Ngerjain atau nyiapin ini itu dientar2. Duh kapan tobatnya dah jiwa deadliner begini? :x Setelah perenungan panjang, saya sadari betul, bahwa saya memang baru sampe tahap berani bermimpi doang, tapi masih minim aksi. Mungkin kebablasan baca cerita sukses tentang 'bermimpi', jadi ya bisanya cuma mentok sampe mimpi doang, gak ada usaha ekstra untuk meraihnya. Dan yg paling penting adalah: saya memang belum pantas untuk mendapat semua impian tersebut! jleb!

Itulah mengapa saya coba untuk evaluasi mimpi, mungkin lebih tepatnya evaluasi diri sih. Apakah mimpinya yg terlalu tinggi? atau usahanya yg masih minim? atau keduanya? saya tiba2 teringat kata om Mario Bros, eh Mario Teguh:
Tidak ada impian yang terlalu tinggi. Yang ada adalah tindakan yang tidak cukup.
Ya, most of the time, hanyalah usaha yg kurang, sehingga kita tak mencapai apa yg kita targetkan. Walau hasil adalah urusan Yang Maha Kuasa, namun Dia juga hanya akan memberikan sesuatu sesuai kadar usaha yg kita lakukan. Ah..

Oleh karena itu, saya coba untuk bermimpi kembali. Mungkin target yg sama seperti tahun lalu, namun kali ini akan lebih spesifik per poin untuk batas waktu dan paramater pencapaiannya. Insya Allah batas waktu semuanya adalah akhir tahun 2015. Setelah itu, apapun hasilnya, tentu setelah semua usaha telah diupayakan, saya takkan 'memperpanjang' masa berlaku impian yg sama lagi. Alias, move on! :D

Mudah2an bisa berbagi tentang planning tersebut di pos selanjutnya. Phew, lega juga akhirnya bisa nulis lagi. Semoga ada manfaat! :)

Postingan populer dari blog ini

obat-obatan: menyehatkan atau menyakitkan?

Huff,,sudah hampir genap 5 hari ini salah satu jari kaki terbalut oleh perban atau apa lah itu namanya. Sampe diperban gitu sih karena kulit bagian bawah jari kakinya mengalami luka toni eh maksudnya luka robek yg cukup lebar dan dalam. Alhasil kata bu dokter musti dijait biar cepet sembuh. En ternyata oh ternyata dikasih obat juga, kirain cukup dijait trus sembuh. Akhirnya mau gak mau rela gak rela rekor ‘anti obat’ ane berhenti deh. Sekilas mengenai rekor ini, sudah hampir 5 tahun lebih lah ane tuh gak pernah minum obat dari dokter ataupun obat yg ky suplemen buat tubuh gitu. Jadi alhamdulillah selama itu ane gak pernah mengalami sakit yg cukup parah sehingga membutuhkan obat khusus ataupun minum obat buat sekedar nenangin diri or nambah stamina. Tapi karena skrang obatnya udah dibeli, mau tak mau diabisin deh.. Sebenernya ane sangat anti-obat loh, obat yg bentuknya konkret tentunya. Obat yg mempunyai berbagai bentuk mulai dari puyer, sirup, tablet, kapsul, kaplet, und so weiter se…

Hijrah

Selamat tahun baru 1438 Hijriah!

Gak penting sih selamat2 gitu, haha. Kalo kata Ustadz Farid Nu'man di channel telegram nya, beliau bilang seharusnya pergantian tahun hijriah itu menjadi momentum untuk kita umat muslim merefleksi kejadian hijrah yang dialami oleh Rasul dan para sahabatnya dahulu. Membaca, mempelajari, dan mengambil hikmah yang terkandung dalam kisahnya. Lebih bagus lagi jika kita bisa menerapkan pelajaran2 tersebut dalam konteks jaman sekarang. Karena salah satu makna hijrah yang dapat kita ambil, yaitu: berpindah (berubah) ke tempat (arah) yang lebih baik.

Klise sih, tapi ya entah kenapa tiap momen tahun baru selalu saja kita (at least gw sendiri sih xD) punya semacam 'resolusi' untuk menjadi lebih baik. Awalnya semangat 45, terus 2-3 bulan mulai males, tiba-tiba udah desember lagi. Repeat :p. Beda banget sama peristiwa hijrah Rasul dulu, yang benar-benar menandai awal kebangkitan Islam pada masanya. Terlepas dari suratan takdir yang memang Allah tetapkan, …

My IELTS Experience

At first I want to write this post in English, but ticket to UK is very expensive so I will just write this in Indonesia (krik...krik..krik..) xD

Yak sedikit jayusan mudah2an gak bikin ilfil ye, hehe. Alhamdulillah, siang tadi (sabtu 22/2), saya baru saja mengerjakan tes IELTS di Paramadina Graduate School, daerah SCBD. Nah aye mau sedikit cerita nih pengalaman ngambil tes IELTS, mulai dari persiapan, pendaftaran sampe penyesalan #eh. Semoga bisa bermanfaat.
Persiapan Hmm, nothing much to say xD
Karena saya orangnya sangat hemat (bisa jadi pelit), saya melakukan persiapan seadanya aja. Gak pake les persiapan, gak pake tes prediksi, gak pake jadwal tetap buat latihan. Kalo lagi mood, apalagi mendekati hari-H, barulah tergerak untuk belajar, hehe. Nah yang ini jangan ditiru ya. Emang bener dah (perfect) practice makes perfect.

Intinya sih saya siap2nya otodidak aja: baca beberapa buku tentang IELTS, nonton video pelajaran english di yutub, baca2 web tentang ielts atau english in genera…