Langsung ke konten utama

Kapasitas Program Studi SNMPTN 2009

Program studi IPA Universitas Indonesia
KodeProgram Studi Daya Tampung Peminat Tahun Lalu Rasio
311011 Pend. Dokter * 15 1836122,40
311025 Pend. Dokter Gigi * 20 392 19,60
311033 Matematika * 15 197 13,13
311041 Fisika * 20 185 9,25
311055 Kimia * 15 216 14,40
311063 Biologi * 15 196 13,07
311071 Farmasi * 15 494 32,93
311085 Geografi * 20 249 12,45
311093 Teknik Sipil * 20 348 17,40
311106 Teknik Mesin 20 385 19,25
311114 Teknik Elektro * 20 260 13,00
311122 Teknik Metalurgi dan Material * 20 305 15,25
311136 Arsitektur * 15 371 24,73
311144 Teknik Kimia * 15 313 20,87
311152 Ilmu Keperawatan * 25 444 17,76
311166 Ilmu Komputer 15 812 54,13
311174 Kesehatan Masyarakat * 30 1663 55,43
311182 Teknik Industri 15 447 29,80
311196 Teknik Perkapalan 15 87 5,80
311203 Teknik Lingkungan * 15 240 16,00
311211 Teknik Komputer * 15 552 36,80
311225 Sistem Informasi 10 431 43,10
311233 Arsitektur Interior * 10 386 38,60
311241 Teknologi Bioproses * 10 137 13,70
311255 Gizi * 20 978 48,90
Program studi IPS Universitas Indonesia
Kode Program Studi Daya Tampung Peminat Tahun Lalu Rasio
312013 Ilmu Hukum * 25 2701 108,04
312021 Arkeologi Indonesia 15 81 5,40
312035 Ilmu Sejarah 15 113 7,53
312043 Psikologi * 25 2157 86,28
312051 Ilmu Komunikasi 15 1997 133,13
312065 Ilmu Politik 10 407 40,70
312073 Ilmu Administrasi Negara 10 464 46,40
312081 Kriminologi 10 349 34,90
312095 Sosiologi 10 256 25,60
312102 Ilmu Kesejahteraan Sosial 10 296 29,60
312116 Antropologi Sosial 10 231 23,10
312124 Ilmu Ekonomi 10 499 49,90
312132 Ilmu Administrasi Niaga 10 406 40,60
312146 Ilmu Administrasi Fiskal 10 523 52,30
312154 Manajemen 15 2034 135,60
312162 Akuntansi 20 2481 124,05
312176 Ilmu Hubungan Internasional 10 795 79,50
312184 Ilmu Perpustakaan 20 315 15,75
312192 Ilmu Filsafat 20 144 7,20
312205 Sastra Indonesia 15 314 20,93
312213 Sastra Daerah untuk Sastra Jawa 20 93 4,65
312221 Sastra Jepang 15 461 30,73
312235 Sastra Cina 15 254 16,93
312243 Sastra Arab 20 183 9,15
312251 Sastra Perancis 15 291 19,40
312265 Sastra Inggris 15 564 37,60
312273 Sastra Jerman 15 374 24,93
312281 Sastra Belanda 15 236 15,73
312295 Sastra Rusia 15 144 9,60
312302 Bahasa dan Kebudayaan Korea 10 134 13,40
Program studi Institut Teknologi Bandung
Kode Program Studi Daya Tampung Peminat Tahun Lalu Rasio
351015 Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB) 90 1344 14,93
351023 Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM) 135 3046 22,56
351031 Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) 195 1871 9,59
351045 Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL) 130 2146 16,51
351053 Sekolah Farmasi (SF) 70 842 12,03
351061 Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH) 55 678 12,33
351075 Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) 165 3700 22,42
351083 Fakultas Teknologi Industri (FTI) 130 1715 13,19
351091 Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD) 95 1431 15,06
351104 Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK) 75 1705 22,73

Postingan populer dari blog ini

obat-obatan: menyehatkan atau menyakitkan?

Huff,,sudah hampir genap 5 hari ini salah satu jari kaki terbalut oleh perban atau apa lah itu namanya. Sampe diperban gitu sih karena kulit bagian bawah jari kakinya mengalami luka toni eh maksudnya luka robek yg cukup lebar dan dalam. Alhasil kata bu dokter musti dijait biar cepet sembuh. En ternyata oh ternyata dikasih obat juga, kirain cukup dijait trus sembuh. Akhirnya mau gak mau rela gak rela rekor ‘anti obat’ ane berhenti deh. Sekilas mengenai rekor ini, sudah hampir 5 tahun lebih lah ane tuh gak pernah minum obat dari dokter ataupun obat yg ky suplemen buat tubuh gitu. Jadi alhamdulillah selama itu ane gak pernah mengalami sakit yg cukup parah sehingga membutuhkan obat khusus ataupun minum obat buat sekedar nenangin diri or nambah stamina. Tapi karena skrang obatnya udah dibeli, mau tak mau diabisin deh.. Sebenernya ane sangat anti-obat loh, obat yg bentuknya konkret tentunya. Obat yg mempunyai berbagai bentuk mulai dari puyer, sirup, tablet, kapsul, kaplet, und so weiter se…

Hijrah

Selamat tahun baru 1438 Hijriah!

Gak penting sih selamat2 gitu, haha. Kalo kata Ustadz Farid Nu'man di channel telegram nya, beliau bilang seharusnya pergantian tahun hijriah itu menjadi momentum untuk kita umat muslim merefleksi kejadian hijrah yang dialami oleh Rasul dan para sahabatnya dahulu. Membaca, mempelajari, dan mengambil hikmah yang terkandung dalam kisahnya. Lebih bagus lagi jika kita bisa menerapkan pelajaran2 tersebut dalam konteks jaman sekarang. Karena salah satu makna hijrah yang dapat kita ambil, yaitu: berpindah (berubah) ke tempat (arah) yang lebih baik.

Klise sih, tapi ya entah kenapa tiap momen tahun baru selalu saja kita (at least gw sendiri sih xD) punya semacam 'resolusi' untuk menjadi lebih baik. Awalnya semangat 45, terus 2-3 bulan mulai males, tiba-tiba udah desember lagi. Repeat :p. Beda banget sama peristiwa hijrah Rasul dulu, yang benar-benar menandai awal kebangkitan Islam pada masanya. Terlepas dari suratan takdir yang memang Allah tetapkan, …

My IELTS Experience

At first I want to write this post in English, but ticket to UK is very expensive so I will just write this in Indonesia (krik...krik..krik..) xD

Yak sedikit jayusan mudah2an gak bikin ilfil ye, hehe. Alhamdulillah, siang tadi (sabtu 22/2), saya baru saja mengerjakan tes IELTS di Paramadina Graduate School, daerah SCBD. Nah aye mau sedikit cerita nih pengalaman ngambil tes IELTS, mulai dari persiapan, pendaftaran sampe penyesalan #eh. Semoga bisa bermanfaat.
Persiapan Hmm, nothing much to say xD
Karena saya orangnya sangat hemat (bisa jadi pelit), saya melakukan persiapan seadanya aja. Gak pake les persiapan, gak pake tes prediksi, gak pake jadwal tetap buat latihan. Kalo lagi mood, apalagi mendekati hari-H, barulah tergerak untuk belajar, hehe. Nah yang ini jangan ditiru ya. Emang bener dah (perfect) practice makes perfect.

Intinya sih saya siap2nya otodidak aja: baca beberapa buku tentang IELTS, nonton video pelajaran english di yutub, baca2 web tentang ielts atau english in genera…