Langsung ke konten utama

obat-obatan: menyehatkan atau menyakitkan?

Huff,,sudah hampir genap 5 hari ini salah satu jari kaki terbalut oleh perban atau apa lah itu namanya. Sampe diperban gitu sih karena kulit bagian bawah jari kakinya mengalami luka toni eh maksudnya luka robek yg cukup lebar dan dalam. Alhasil kata bu dokter musti dijait biar cepet sembuh. En ternyata oh ternyata dikasih obat juga, kirain cukup dijait trus sembuh. Akhirnya mau gak mau rela gak rela rekor ‘anti obat’ ane berhenti deh. Sekilas mengenai rekor ini, sudah hampir 5 tahun lebih lah ane tuh gak pernah minum obat dari dokter ataupun obat yg ky suplemen buat tubuh gitu. Jadi alhamdulillah selama itu ane gak pernah mengalami sakit yg cukup parah sehingga membutuhkan obat khusus ataupun minum obat buat sekedar nenangin diri or nambah stamina. Tapi karena skrang obatnya udah dibeli, mau tak mau diabisin deh.. Sebenernya ane sangat anti-obat loh, obat yg bentuknya konkret tentunya. Obat yg mempunyai berbagai bentuk mulai dari puyer, sirup, tablet, kapsul, kaplet, und so weiter sebisa mungkin ane hindarin buat dikonsumsi. Tanya kenapa? Hm, karena obat itu dibeli dengan uang, hehe. Selain ngabisin duit, ada alasan yg lebih khusus. Pada tau gak sih, setiap obat itu punya kontraindikasi en efek sampingnya lho, yg mau jadi dokter or apoteker harus tau nih. Nah ini yg bikin ane sangat anti-obat. Mungkin emang sedikit atau bisa dibilang ‘kecil’ lah efek sampingnya dibanding efek baiknya, tapi tetep aja itu bisa dibilang ‘racun’ yg mengganggu sistem metabolisme tubuh. Kadang ane malah mikir: klo kbanyakan atau kecanduan minum obat itu malah jadinya ngeracunin diri sendiri, bukannya ngobatin atau mempercepat pengobatan lagi. Makanya jadi heran klo ada orang yg walaupun gak sakit tapi tetep minum obat (bkan vitamin) buat merasa tenang lah, mrsa senang lah, nge’fly’ lah, dsb. Didasari dari perasaan ‘anti-obat’ itu, ane iseng2 nyari tau apa sih manfaat juga efek samping dari obat2 yg diberikan dokter buat diabisin itu. Tadinya sih cuma dikasih tiga jenis obat, eh pas dateng buat periksa perkembangan ditambah satu lagi. Keempat obat itu bernama: MEFINAL, CEBEX, CIPROFLOXACIN, dan tambahannya CORTIDEX. Dan tentu saja nyari taunya itu adalah bertanya kpada mbah gugel, gudangnya link informasi,,hehe. Here is the result of searching:
MEFINAL GOLONGAN GENERIK Mefenamic acid/Asam mefenamat INDIKASI Nyeri pada kondisi rematik, luka jaringan lunak, kondisi muskuloskeletal lainnya yang terasa sakit, dismenore (nyeri pada saat haid), sakit kepala, sakit gigi, nyeri sesudah operasi. KONTRA INDIKASI Ulserasi peptik atau usus, penyakit peradangan usus besar, kerusakan hati atau ginjal. PERHATIAN Hamil, dehidrasi, epilepsi, asma. Interaksi obat : antikoagulan oral. EFEK SAMPING Gangguan & perdarahan saluran pencernaan, ulkus peptikum, sakit kepala, mengantuk, pusing, gugup, gangguan penglihatan, kemerahan kulit, diskrasia darah, sakit ginjal.
Tuh kan, efek sampingnya buanyaaakk..heh, alhamdulillah yg ane rasain sih gak terlalu banyak efek sampingnya, paling cuma mengantuk. Tapi dari dulu jg udah suka ngantuk sih, bkan gara2 obat, hehe. Loh justru lebih bahaya kan, udah biasanya sering ngantuk eh ditambah obat yg bisa bikin ngantuk, yah maklum deh klo tiba2 jadi ketiduran gak kenal tempat..haha. Oya, obat ini pada dasarnya berkhasiat untuk mengurangi rasa nyeri, ya karena luka robek itu pasti nyeri kan klo kesentuh2. Untuk sekarang untungnya gak usah minum ini lagi kalau gak ngerasa nyeri lagi.
Ciprofloxacin Indikasi: Untuk mengobati infeksi yang disebabkan oleh kuman patogen yang peka terhadap ciprofloxacin, antara lain pada : - Saluran kemih termasuk prostatitis. - Uretritis dan serpisitis gonore. - Saluran cerna, termasuk demam thyfoid dan parathyfoid. - Saluran nafas, kecuali pneumonia dan streptococus. - Kulit dan jaringan lunak. - Tulang dan sendi. Kontra Indikasi: - Penderita yang hipersensitivitas terhadap siprofloksasin dan derivat quinolone lainnya - tidak dianjurkan pada wanita hamil atau menyusui,anak-anak pada masa pertumbuhan,karena pemberian dalam waktu yang lama dapat menghambat pertumbuhan tulang rawan. - Hati-hati bila digunakan pada penderita usia lanjut - Pada penderita epilepsi dan penderita yang pernah mendapat gangguan SSP hanya digunakan bila manfaatnya lebih besar dibandingkan denag risiko efek sampingnya. Farmakologi : Ciprofloxacin (1-cyclopropyl-6-fluoro-1,4-dihydro-4-oxo-7-(-1-piperazinyl-3-quinolone carboxylic acid) merupakan salah satu obat sintetik derivat quinolone. mekanisme kerjanya adalah menghambat aktifitas DNA gyrase bakteri, bersifat bakterisida dengan spektrum luas terhadap bakteri gram positif maupun gram negatif. ciprofloxacin diabsorbsi secara cepat dan baik melalui saluran cerna, bioavailabilitas absolut antara 69-86%, kira-kira 16-40% terikat pada protein plasma dan didistribusi ke berbagai jaringan serta cairan tubuh. metabolismenya dihati dan diekskresi terutama melalui urine. Peringatan dan perhatian : - Untuk menghindari terjadinya kristaluria maka tablet siprofloksasin harus ditelan dengan cairan - Hati-hati pemberian pada penderita dengan gangguan fungsi ginjal (lihat keteranga pada dosis ) - Pemakaian tidak boleh melebihi dosis yang dianjurkan - Selama minum obat ini tidak dianjurkan mengendarai kendaraan bermotor atau menjalankan mesin. Efek samping : Efek samping siprofloksasin biasanya ringan dan jarang timbul antara lain: - Gangguan saluran cerna : Mual,muntah,diare dan sakit perut - Gangguan susunan saraf pusat : Sakit kepala,pusing,gelisah,insomnia dan euforia - Reaksi hipersensitivitas : Pruritus dan urtikaria - Peningkatan sementara nilai enzim hati,terutama pada pasien yang pernah mengalami kerusakan hati. - Bila terjadi efek samping konsultasi ke Dokter
Hm yang satu ini datanya lumayan banyak nih. Kalau baca dengan jeli sih nih obat gunanya buat ngatasin atau mencegah terjadinya infeksi yang disebabkan bakteri2 jahat. Di kantong obatnya ditulis ‘dihabiskan’, yg artinya harus diminum sampe abis obatnya. Ya wajar sih mengingat fungsinya yang cukup vital untuk luka yg dapat menimbulkan infeksi. Tapi ternyata banyak manfaatnya, banyak juga efek samping yg mungkin terjadi akibat mengkonsumsi obat ini, wlaupun katanya jarang terjadi. Tuh liat aja yg dibold di bagian ‘Peringatan,.’, katanya tidak dianjurkan untuk mengendarai kedaraan bermotor. Kira2 kenapa begitu ya? Padahal selama minum obat itu ane mengendarai motor buat pulang pergi ke sekolah, tapi alhamdulillah gak terjadi apa2. Perasaan sih gak ada yg aneh, paling cuma lebih sering ngantuk pas lagi di jalan, hehehe..mungkin menyebabkan kantuk sama kaya mefinal juga kali ye.
CEBEX GOLONGAN GENERIK Vitamin B1 15 mg, Vitamin B2 10 mg, Vitamin B6 5 mg, Vitamin B12 5 µg, Vitamin C 500 mg, Nikotinamida 100 mg, Kalsium pantotenat 20 mg. INDIKASI Pengobatan kekurangan Vitamin B komplek dan Vitamin C
Dibaca sendiri juga udah ngerti ya, yang ini jenisnya vitamin aja. Isinya vitamin B dan C, tapi liat juga yang dibold!! Tertulis : Nikotinamida. Kalo dipisah bisa dibaca: Nikotin Amida. Nah loh, itu nikotin beneran atau apa? Kalo bukan kok namanya gitu? !*&*$@% emang sih sebenernya beberapa jenis ‘obat-obat terlarang’ itu juga punya manfaat di dunia pengobatan, tapi kenapa itu dimasukin ke vitamin?? Huff, ntar gugling lagi deh buat nyari info nikotinamida ini, jangan sampe salah sangka dulu lah. Lanjut.
CORTIDEX GENERIK Deksametason. INDIKASI Keadaan alergi, penyakit kolagen, rematik, leukemia, terapi syok, penyakit pernafasan, gangguan darah, keadaan edema (penimbunan cairan secara berlebihan di dalam jaringan tubuh). KONTRA INDIKASI Ulkus peptikum, osteoporosis, psikosis atau psikoneurosis berat, tuberkulosa aktif atau pasif, infeksi akut, vaksin hidup. PERHATIAN Hipertensi, gagal jantung kongestif, diabetes melitus, penyakit infeksi, gagal ginjal kronik, uremia, usia lanjut, kehamilan. Interaksi obat : - kemanjuran Deksametason bisa berkurang oleh Fenitoin, Fenobarbital, Rifampisin, Vitamin A, Tetrasiklin dan antibiotik lain, Tiazida. - antikoagulan oral, hipoglikemik oral, dan salisilat. EFEK SAMPING Retensi cairan & garam, edema, hipertensi, amenore (tidak haid), keringat berlebihan, gangguan mental, pankreatitis akut, osteonekrosis aseptik, kelemahan otot, keadaan Cushingoid, peningkatan tekanan intraokuler, gangguan penglihatan, atrofi lokal, peningakatan nafsu makan, pertumbuhan terhambat.
Singkat cerita, obat ini katanya berkhasiat untuk mengurangi pembengkakan di daerah tertentu di tubuh. Aneh juga sih dikasih obat ini, karena sepenglihatan ane gak ada yang bengkak tuh di daerah yang luka. Hm mungkin dokter punya firasat kali ya kalo mau terjadi pembengkakan, hehe. Yak seperti biasa yg menjadi pusat perhatian kita semua adalah efek samping yg dibold di atas. Udah baca? Apa pendapatmu? Huah, ternyata bisa menimbulkan gangguan mental coy!! Gokil juga kalo bener en bisa terjadi. Mungkin bengkak kaya gimana juga bisa diobatin pake ini kali ye, tapi sembuh2 mentalnya jadi terganggu..gimana tuh klo kaya gitu. Belom lagi ‘keadaan Cushingoid’, apaan tuh y? ah ntar aja deh digugling lagi. Huahmh,,ternyata buatan manusia memang tidak ada yang sempurna ya, setidaknya sampai saat ini. Sudah hukum alam juga kali ya, bahwa energi itu tak dapat diciptakan atau dihilangkan, hanya berubah2 saja bentuknya. Saat manusia ingin merubah suatu bentuk energi mejadi bentuk lain, tak dapat dihindari akan ada tingkat efisiensinya. Mustahil mengubah 100% suatu bentuk energi menjadi bentuk lain. Begitu pula yang terjadi di dalam semua obat2an yang direkayasa oleh manusia. Ada manfaatnya, ada juga efek sampingnya. Ada indikasi kapan obat itu dapat dipakai, ada juga kontraindikasi yaitu kondisi dimana obat tersebut tidak boleh digunakan. Layaknya prinsip mesin carnot, dimana kita harus membuang sedikit panas untuk mendapatkan usaha yang maksimal, kita harus mengorbankan sesuatu untuk mendapatkan hasil yang jauh lebih besar manfaatnya.

Postingan populer dari blog ini

Hijrah

Selamat tahun baru 1438 Hijriah!

Gak penting sih selamat2 gitu, haha. Kalo kata Ustadz Farid Nu'man di channel telegram nya, beliau bilang seharusnya pergantian tahun hijriah itu menjadi momentum untuk kita umat muslim merefleksi kejadian hijrah yang dialami oleh Rasul dan para sahabatnya dahulu. Membaca, mempelajari, dan mengambil hikmah yang terkandung dalam kisahnya. Lebih bagus lagi jika kita bisa menerapkan pelajaran2 tersebut dalam konteks jaman sekarang. Karena salah satu makna hijrah yang dapat kita ambil, yaitu: berpindah (berubah) ke tempat (arah) yang lebih baik.

Klise sih, tapi ya entah kenapa tiap momen tahun baru selalu saja kita (at least gw sendiri sih xD) punya semacam 'resolusi' untuk menjadi lebih baik. Awalnya semangat 45, terus 2-3 bulan mulai males, tiba-tiba udah desember lagi. Repeat :p. Beda banget sama peristiwa hijrah Rasul dulu, yang benar-benar menandai awal kebangkitan Islam pada masanya. Terlepas dari suratan takdir yang memang Allah tetapkan, …

My IELTS Experience

At first I want to write this post in English, but ticket to UK is very expensive so I will just write this in Indonesia (krik...krik..krik..) xD

Yak sedikit jayusan mudah2an gak bikin ilfil ye, hehe. Alhamdulillah, siang tadi (sabtu 22/2), saya baru saja mengerjakan tes IELTS di Paramadina Graduate School, daerah SCBD. Nah aye mau sedikit cerita nih pengalaman ngambil tes IELTS, mulai dari persiapan, pendaftaran sampe penyesalan #eh. Semoga bisa bermanfaat.
Persiapan Hmm, nothing much to say xD
Karena saya orangnya sangat hemat (bisa jadi pelit), saya melakukan persiapan seadanya aja. Gak pake les persiapan, gak pake tes prediksi, gak pake jadwal tetap buat latihan. Kalo lagi mood, apalagi mendekati hari-H, barulah tergerak untuk belajar, hehe. Nah yang ini jangan ditiru ya. Emang bener dah (perfect) practice makes perfect.

Intinya sih saya siap2nya otodidak aja: baca beberapa buku tentang IELTS, nonton video pelajaran english di yutub, baca2 web tentang ielts atau english in genera…