Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari Februari, 2009

[Berbagi] Biar belajar jadi lebih efektif…part2

Oke, ini adalah tulisan lanjutan menyambung tulisan sebelumnya di sini. Jika sebelumnya yang ditulis adalah persiapan belajar, sekarang yang mau ane tulis yaitu Prinsip-Prinsip Dasar Belajar. Sebagian dari kita mungkin pernah mengalami hal yang aneh dalam belajar. Misalnya begini, kita udah belajar biologi tiap hari terus-terusan di sekolah di rumah sama temen lah, pokoknya sampe bosen banget deh. Akan tetapi pas ujian/tesnya ternyata kita enggak terlalu bisa menyelesaikannya, en hasilnya pun gak memuaskan atau mungkin masih di bawah SKM. Aneh kan? Sebenernya itu pengalaman ane pribadi sih, mudah2an temen2 gak ada yang kaya gitu ya..hhe. Dulu ane sering denger keluhan temen2 di sekeliling yang bilang, gw kok gak bisa2 sih ngerjain ini itu padahal gw udah belajar terus, atau, ah belajar gak belajar sama aja gw gak bakalan bisa ngerjain itu. Ya gak sih? Jangan2 selama ini ane salah denger lagi..hehe. Sebenarnya apa yang salah sih? eh perasaan ini udah ditanyain di notes yang sebelumny…

[Berbagi] Biar belajar jadi lebih efektif…part1

Belajar buat kita sebagai pelajar merupakan sebuah kewajiban. Kita disebut sebagai pelajar pun karena kita melakukan aktivitas belajar di sekolah. Apalagi buat kelas 3 yang seminggu lagi akan menghadapi Simak UI. Mungkin dulu jauh sebelum sekarang, kita masih sering ‘main-main’ untuk belajar. Dulunya belajar buat ulangan kebanyakan pas H-1, bisa diartikan H-sehari atau pun H-sejam, hhe. Kontras sekali dengan sekarang, yang bisa dibilang tiada hari tanpa belajar atau mengerjakan soal, walaupun tes yang akan dihadapi masih agak lama. Tentunya ini adalah sebuah kemajuan, peningkatan dalam volume dan kuantitas belajar. Akan tetapi hingga saat ini masih banyak dari kita yang merasa masih sangat kurang belajarnya, termasuk ane juga sih. Mungkin sudah sekian tumpuk buku soal kita kerjakan atau berpuluh-puluh kali kita mendengar pembahasan soal dari teman/guru bimbel, tapi kalau menemukan soal baru yang belum pernah kita lihat, kita sering menemukan kesulitan untuk menjawabnya. Sebenarnya ap…

Mimpi

update blog lagi, walaupun belom sempet nulis artikel sendiri. tulisan di bawah dikutip dari EramuslimDi sebuah pinggiran kota, seekor kuda tampak berlari-lari kecil menelusuri jalan desa. Di atas punggungnya seorang pemuda menunggangi dengan begitu bersemangat. Sesekali sang kuda meringkik sebagai sambutan dari lecutan kecil tuannya. "Hayo hitam, hebaa...hebaa...," suara sang tuan sambil menepuk punggung belakang kuda. "Kenapa kamu begitu bersemangat, Hitam? Padahal, kamu sudah begitu jauh berlari?" tanya seekor kerbau di sebuah tempat istirahat hewan tunggangan. Beberapa kuda lain tampak berbaring santai sambil mengunyah rumput hijau. Tali-tali kekang mereka masih terikat di tiang-tiang yang sudah disediakan. Kebetulan, sang kerbau berada tak jauh dari si kuda hitam. Dan Si Hitam pun menoleh ke kerbau. "Aku punya mimpi, Teman!" jawab Si Hitam kepada kerbau. Sinar wajah Si Hitam masih menampakkan semangat yang tinggi. Ia sama sekali tak terlihat lelah.…